MENJADI BLOGGER DADAKAN

 

Postingan ini akan fokus membahas pengalaman saya dalam membuat blog dan juga beberapa artikel didalamnya.

Saya cerita dari awal dulu yaa. Pengalaman ini bermula dari tugas salah satu mata kuliah saya di semester 5 yaitu Digital Library Marketing. Ya, seperti yang kalian tau, saya adalah mahasiswa program studi Ilmu Perpustakaan.

Mungkin sebagian besar dari kalian bertanya-tanya. Kenapa perpustakaan ada marketingnya? Bukankah perpustakaan adalah lembaga non profit? Lalu apa yang dijual?

Pikiran tersebut juga muncul di benak saya ketika pertama kali mendapati bahwa ada mata kuliah ini. Namun, seiring berjalannya waktu dan juga seiring berjalannya tugas yang saya dapati, saya bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Marketing pada dasarnya adalah sebuah kegiatan untuk mempromosikan atau menjual suatu produk/jasa. Dalam hal ini perpustakaan "menjual" jasanya. Dan untuk dapat menjual jasa tersebut, maka perpustakaan membutuhkan promosi, salah satunya promosi melalui media digital marketing. Dan contohnya adalah melalui blog ini.

Jujur, walaupun saya  adalah  mahasiswa ilmu perpustakaan tetapi saya kurang memiliki passion dalam hal menulis. Jadi, mendapat tugas untuk membuat artikel-artikel di dalam blog merupakan tantangan tersendiri bagi saya.

Membuat blog bukan hal yang sulit bagi saya, karena banyak tutorial baik di Youtube maupun Google, termasuk materi yang diberikan oleh dosen saya yaitu Pak Muhammad Azwar S.Pd.I., M.Hum.

Tantangan lainnya adalah dalam pemilihan tema blog yang cocok untuk konsep blog saya. Sedikit cerita, saya hampir bolak-balik menginstall tema lalu mengganti lagi dengan tema lain demi mencari yang cocok secara keseluruhan. Karena disamping memilih tema sesuai konsep blog saya yaitu mengenai film, saya juga harus memenuhi kriteria yang dibutuhkan untuk tugas membuat blog ini. Misalnya seperti ada dropdown, slider, beberapa widget, dan sebagainya.

Hal yang paling baru yang saya dapatkan saat mengerjakan tugas ini adalah bagaimana membuat artikel SEO (Search Engine Optimation). Meskipun saya pernah mendengar istilah tersebut dan untuk apa fungsinya, saya baru mengerti bagaimana membuat dan menerapkannya pada artikel saat mengerjakan tugas ini.

Dalam pengerjaan blog ini, hampir semua saya kerjakan malam hari - termasuk ketika tulisan artikel ini dibuat - karena ketika mengerjakan tugas ini saya membutuhkan fokus yang tinggi, dan saya baru bisa fokus ketika malam hari. Dan tentu saja, malam saat saya mengerjakan tugas blog ini saya pasti tidur diatas jam 1 malam.

Namun, saya yakin apa yang saya kerjakan saat ini sangat berguna bagi kehidupan saya mendatang. Tidak hanya terkait promosi perpustakaan, namun juga meningkatkan keahlian saya dalam menulis dan tentu saja membuat saya melek akan teknologi (digital marketing).

Nah itulah sedikit cerita pengalaman-pengalaman saya dalam mengerjakan tugas Digital Library Marketing ini. Semoga tulisan ini bisa membuat saya dan kalian bisa berkembang lagi dan menjadi pribadi yang selalu inovatif dan kreatif. Sekian, sampai jumpa!

Posting Komentar

15 Komentar

  1. Keren bgt, makasih ya udh bagi2 pengalaman

    BalasHapus
  2. Keren banget kadep kominfo a.k.a faiq garda terdepan informasi

    BalasHapus
  3. seru banget pengalamannya kak

    BalasHapus
  4. Keren pengalaman dan nulisnya, semangat Faiq

    BalasHapus
  5. Keren banget iq pengalamannya!

    BalasHapus
  6. Pengalaman membuat blog emg seru bgt sih!

    BalasHapus
  7. Memang ga salah sih belajar membuat blog, jdi banyak pengalaman👍

    BalasHapus
  8. Buat blog emg seru bgt sih!

    BalasHapus
  9. keren, emang pengalaman buat blog tuh seru bgt sih

    BalasHapus
  10. keren pengalamannya, emang bener sih banyak struggle dalam bikin blog ini. Semangatt terus

    BalasHapus
  11. wawww seru banget pengalamannya! makasih Faiq udah sharing! ditunggu konten2 selanjutnyaa

    BalasHapus